14 Februari 2010

RESENSI BUKU NONFIKSI

14 Februari 2010

Nabi Khidir, ia dinamakan Khidir karena ia duduk di atas Farwah (kain dari bulu onta) yang berwarna putih. Sosok Nabi Khidir  merupakan sosok yang luar biasa. Beliau sosok yang banyak diperbincangkan khalayak banyak, baik karena keluasan ilmunya maupun karena misteri-misterinya yang beliau sering alami.
Pembahasan mengenai sosok Nabi Khidir merupakan buah bibir yang sangat menarik selain sosoknya yang misterius, pengalaman spiritualnya pun sungguh menjadi sebuah ketertarikan tersendiri, apalagi ditunjang dengan sedikitnya pengetahuan tentang keadaan diri beliau. Adapun dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW-Hadits, sosok Nabi Khidir hanya sepintas dibicarakan, dan kebanyakan menceritakan tentang perjalan Nabi Khidir yang memberi sedikit pelajaran berarti bagi Nabi Musa A.S. Para ulama ahli Fikih dan ahli Tafsir saling berlomba untuk meneliti siapakah sosok Nabi khidir ?, apakah ia seorang manusia biasa ?, seorang Waliyullah ?, seorang Rasulullah ?, ataukah ia seorang Malaikat Allah ?, kemudian benarkah sosok Nabi Khidir masih hidup ?.
            Buku ini memberikan jawaban yang memuaskan. Bagaimana juga beragamnya pendapat dan perbedaanya, tapi dari perbedaan pendapat tersebut terdapat kesepakatan, yaitu keberadaan Khidir adalah nyata dengan ilmu-ilmunya yang sangat luas. Buku yang ditulis oleh Muhyidin Abdul Hamid ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengikuti jalan ceritanya, dari awal sampai akhir pembahasan. Rasanya buku ini cocok bagi mereka yang bertanya-tanya tentang sosok seorang Nabi Khidir A.S yang sebenarnya. catatan:
Judul              : Menguak Misteri Nabi Khidir
Penulis           : Muhyidin Abdul Hamid
Penerbit         : Darul Falah
Tahun Terbit  : Agustus 2003
Halaman        : 86
Harga            : Rp. 16.500,-
 

0 komentar:

Posting Komentar